Type something and hit enter

Posted By On
Sutradara ‘Upgrade’ punya proyek film baru berjudul ‘The Invisible Man’, yang jadi bagian dari semesta film monster klasik Universal.

Debut penyutradaraan Leigh Whannell di Insidious: Chapter 3 mungkin terbilang biasa saja. Namun begitu Whannell membesut film keduanya yang berjudul Upgrade (2018), di luar dugaan kemampuan sineas ini meningkat drastis, dan membuat film sci-fi thriller dengan cerita menyerupai Venom ini banyak diacungi jempol. Kini co-creator franchise Insidious dan Saw punya proyek film baru untuk ia sutradarai berjudul The Invisible Man, dimana ia akan kembali berkolaborasi dengan studio Blumhouse pasca kesuksesan Upgrade.

Untuk diketahui, proyek The Invisible Man sebenarnya adalah bagian dari semesta film monster klasik Universal, yang dinamai Dark Universe. Seperti yang kita ketahui, Dark Universe sempat mengeluarkan seri perdananya, The Mummy, dengan memboyong Tom Cruise sebagai lakon utamanya. Sayangnya, film ini justru berakhir gagal baik dari segi kualitas maupun finansial, hingga akhirnya membuat Universal menangguhkan beberapa proyek Dark Universe yang telah dikembangkan seperti: Bride of Frankenstein, Dracula, The Invisible Man, Creature from the Black Lagoon, The Wolf Man dan Van Helsing.

Kini setelah meninjau ulang strategi mereka, Universal pun memutuskan untuk menggandeng Blumhouse guna memperbaiki Dark Universe. Dengan rekam jejak Blumhouse yang melahirkan banyak film horror/thriller sukses seperti Paranormal Activity, Halloween, Split hingga Get Out, pengaruh studio pimpinan Jason Blum di Dark Universe pun patut dinanti.

Adapun Variety mencatat beberapa poin penting dari kolaborasi Universal dan Blumhouse dalam memperkuat Dark Universe. Disebutkan bahwa film-film monster nanti akan mengakar pada genre horror, tanpa ada pembatasan pada aspek budget, tone bahkan rating. Selain itu, juga tak ada keharusan film-film Dark Universe saling berhubungan. Lebih dari itu, asal-usul dan kisah monster titular juga akan dibuat berbeda agar menarik bagi audiens modern. Universal pun kabarnya juga membebaskan para sutradara untuk membuat film monster sesuai visi mereka kedepannya.

The Invisible Man sendiri merupakan seorang ilmuwan bernama Jack Griffin yang menemukan cara untuk menjadi tak kasat mata, yang mana kemampuan ini menganggu stabilitas mentalnya. Karakter yang lahir dari novel karya H.G. Wells ini pernah diangkat ke layar lebar pada 1933 dan diperankan Claude Rains.

Selain menyutradarai, Whannell nantinya juga akan menulis film The Invisible Man. Sementara Johnny Depp yang sebelumnya diumumkan sebagai pemeran Invisible Man, kabarnya ia takkan bermain di film ini, namun berpotensi tampil di film monster lain. Kendati baru saja merekrut Whannell, belum diketahui pasti kapan The Invisible Man akan diproduksi.