Type something and hit enter

Posted By On
Berkat campur tangan Zack Snyder, visi nyeleneh Joss Whedon untuk Aquaman akhirnya ditinggalkan film solonya.

Sebelum bermain di film solonya, Aquaman sempat muncul sekilas di Batman v Superman dan akhirnya unjuk gigi di Justice League. Film tim superhero DC ini pun diketahui berada dalam situasi tak biasa, karena semula ia berjalan di bawah arahan Zack Snyder, namun di tengah jalannya proses syuting, Snyder mengundurkan diri dan digantikan Joss Whedon (The Avengers). Seperti yang banyak diprediksi, kehadiran Whedon ini membuat Justice League jadi film berbeda dari yang dicanangkan Snyder. Bahkan tak hanya filmnya, perbedaan yang dibawa Whedon juga mencakup pendekatan karakter, yang dalam hal ini adalah Aquaman.

Menurut pengamatan analis Neil Daly yang kerap diundang untuk test screening film-film DC Extended Universe, sebagian besar humor nakal Aquaman di Justice League berasal dari ide Whedon. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa adegan dimana Aquaman berusaha merayu Wonder Woman. Daly pun meyakini, film solo Aquaman bisa saja melanjutkan visi nyeleneh Whedon, dengan menampilkan Aquaman terus-menerus menggoda Mera. Namun berkat campur tangan Snyder, guyonan nakal Aquaman akhirnya ditiadakan dalam film solonya, yang disutradarai James Wan.

Lebih dari itu, kredit sebagai produser eksekutif yang diperoleh Snyder di Aquaman bukannya tanpa alasan. Pasalnya, Daly menyebut bahwa Wan kerap menunjukkan footage dan storyboard kepada Snyder untuk meminta masukan, meskipun tak diperbolehkan Warner Bros. Kabarnya semua itu dilakukan Wan agar Aquaman tampil sesuai visi awal Snyder, dan langkah Wan ini pun akhirnya didukung penuh oleh Snyder. Dengan demikian, kontribusi Snyder di Aquaman agaknya tak bisa dipandang sebelah mata, apalagi mengingat ide pemilihan Jason Momoa sebagai superhero Atlantis juga datang dari sutradara Man of Steel dan Batman v Superman.

Sementara itu, Aquaman sukses menjadi hits terbaru dari DCEU menyusul Wonder Woman, dengan menuai sambutan hangat dari para kritikus serta pendapatan melewati $1 miliar.